Manfaat Kurma Saat Puasa

Manfaat Kurma Saat Puasa

Kurma memang selalu diidentikkan dengan bulan Ramadhan, seolah buah yang satu ini selalu datang berbarengan dengan datangnya bulan suci. Tidak bisa dipungkiri, sejak dahulu, buah yang satu ini memang hanya bisa kita temui saat bulan puasa. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kita masih bisa menemui buah ini di bulan-bulan lain selain Ramadhan, meski kita harus menyambangi toko online untuk membelinya.

Semakin ke sini, semakin banyak pula resep-resep berbahan dasar kurma yang bertebaran. Tidak sekali dua kali pula buah ini menjadi kue kering di hari lebaran. 
 
Nah, melihat begitu tingginya peminat buah kurma dan olahan berbahan dasar kurma, tentu ada baiknya untuk tahu manfaat buah yang satu ini. 

MENANGKAL RACUN DAN SIHIR

Dalam hadis sahih Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda :
“Barang siapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun atau sihir.”
 
Kurma ajwa sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kurma. Kurma ini sering disebut sebagai kurma surga dan merupakan kurma kesukaan nabi. Karakteristik kurma ini sendiri memiliki warna hitam pekat dengan garis-garis, serta memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

MENAMBAH TENAGA

Kurma memiliki kandungan gula yang penyerapannya oleh tubuh lebih cepat daripada nasi. Inilah alasan kenapa disarankan berbuka puasa dengan kurma, karena kurma dapat menyuplai tenaga lebih cepat.
Rasulullah SAW mencontohkan kepada kita agar berbuka dengan segelas air dan tiga butir kurma sebagaimana diriwayatkan dalam hadis :
“Apabila salah seorang di antara kamu ingin berbuka puasa, maka hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan. Jika tidak ada kurma, maka mulailah dengan air minum, karena ia menyucikan.”

Selain itu, pada ibu hamil yang bersiap menghadapi persalinan juga disarankan mengkonsumsi kurma. Saat kontraksi hingga proses mengejan membutuhkan banyak energi. Belum lagi jika proses pembukaan lama, tenaga ibu hamil terbuang lebih banyak. Itulah mengapa disarankan mengonsumsi kurma. Selain bisa dimakan di sela-sela sakit kontraksi, kurma juga mampu menggantikan energi ibu hamil lebih cepat.

Untuk ibu menyusui, rendaman air kurma bisa menjadi opsi asi booster yang murah meriah dan alami. Rendaman air kurma atau air nabeez ini sendiri diyakini mengandung antioksidan, bersifat alkali, yang memiliki segudang manfaat. Saya sendiri sudah merasakan manfaat air nabeez ini sebagai asi booster yang ampuh banget untuk saya. 

Hayooo ibu hamil yang lagi puasa atau yang menjelang hari bersalin saat puasa begini, boleh banget loh mulai konsumsi kurma mulai sekarang.
Atau ibu menyusui yang pengen banget ikutan puasa, boleh banget ngejadiin kurma ini sebagai makanan wajib saat sahur dan berbuka. Biar kualitas asinya tetap bagus untuk si kecil.

MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

Kurma memiliki efek antimikroba dan antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Berbagai vitamin seperti B1, B2, Niasin B3, B6 dan kandungan lainnya dalam sebutir kurma dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Konsumsi kurma saat sahur dan berbuka, auto no lemas-lemas club deh selama ramadhan.

MEMBANTU PROGRAM HAMIL

Tidak hanya kurma matang, kurma muda juga bisa dikonsumsi dan memiliki segudang manfaat, salah satunya membantu suami istri yang sedang program hamil. Pasalnya, buah ini memiliki nutrisi yang mampu meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

Vitamin B6 yang terkandung dalam kurma dapat membantu proses produksi hormon wanita sekaligus menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kurma juga mengandung vitamin C yang dapat merangsang ovulasi. Sedangkan bagi pria, vitamin C pada kurma ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sel sperma sekaligus memicu pergerakannya agar cepat mencapai sel telur.

Pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, boleh banget konsumsi kurma. Apalagi di bulan baik seperti sekarang, insyaa Allah akan menambah keberkahan dalam usaha memperoleh momongan.
Itulah beberapa manfaat buah kurma. Tentu kita tahu, ada lebih banyak lagi manfaat buah kurma yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. 
Kurma sendiri memiliki banyak jenis dengan harga yang bervariasi. Mulai kurma khalas, kurma sukari, kurma anggur, kurma tunisia, kurma medjool, kurma ajwa dan lainnya. Kita bisa memilih jenis kurma yang sesuai dengan selera kita dan selera kantong kita. 

.

Kamu, sudah ngestok kurma jenis apa untuk sebulan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top