Tips Blogging Yang Ingin Dicoba

tips blogging yang ingin dicoba

Tips blogging yang ingin dicoba tuh ada banyak banget. Apalagi kalau mengingat betapa blog lama saya sudah punya pembaca tetap, yang kalau ditinggal gitu aja, tetap ada pengunjung, rasanya pengen banget jurnalrumi mencapai prestasi serupa secepatnya. Alhasil mau nyobain tips ini itu, tapi lupa satu hal yang sangat penting dalam mengembangkan blog ini, yaitu konsisten. 

Emang ya, konsisten itu susah. Makanya banyak yang putus. *eh

Setelah menimbang dan menelaah (halah), kira-kira ini beberapa tips yang ingin saya coba.

1. Menulis Apa Yang Saya Suka

Dari dulu, sejak pertama kali ngeblog dan nulis novel dulu, kalimat yang selalu saya dengar adalah “tulis hal-hal yang dekat sama kamu”. Mulai dari Pak Edi (CEO-nya Diva Press Group), sampai anonim, semua kalimatnya ya gini. 

Kenapa harus nulis hal-hal yang dekat sama kita?

Karena hal itu yang lebih mudah ditulis. Ketika kita mudah menuliskan sesuatu hal, habit menulis itu akan terbentuk dengan sendirinya. Misal kamu sukanya mix match baju atau suka beli skincare, ya monggo tulis aja tentang lifestyle atau review skincare. Kan jadi nggak sia-sia tuh jajan skincare, bisa menghasilkan tulisan. 

Atau misalnya saya nih hobinya misuh-misuh. Biar misuh-misuh saya nggak nimbulin dosa dan nyusahin orang lain, ya monggo ditulis aja di blog pribadi atau catatan hp. 

Ketika habit ini sudah terbentuk, baru deh nulis yang agak jauh. Yang kira-kira perlu riset dan agak berat. Nah, saat ini saya mau nyoba yang ini dulu, yang dekat-dekat saya, biar gampang nulisnya.

2. Belajar SEO Blog

Dulu saya nge-blog cuma untuk was-wes-wos aja, alias untuk mencurahkan isi hati yang nggak tahu mau dicurahkan ke mana. Atau sekadar nulis fiksimini, puisi dan sebagainya. Bisa dicek blog lama saya isinya tuh dulu yaaa… ya… ya begitulah. Pahamlah ya? ;p

Tahun 2020 saya baru tahu kalau nge-blog itu ya ada ilmunya. Dan dari sana saya belajar tentang SEO blog sedikit-sedikit. 

Apakah sekarang sudah mahir? Ya belum. Boro-boro mahir, masih banyak banget yang saya nggak tahunya. Makanya ini masih mau belajar, biar artikel saya bisa di page one google suatu hari nanti heheh

3. Konsisten

Nah, ini yang paling sulit. Karena mau kita nulis sebagus apapun, buat konten seciamik apapun, kalau updatenya setahun sekali, ya sama aja bohong. Makanya ini saya pengen banget konsisten nulis minimal seminggu satu artikel. 

Abis ini saya pengen banget bisa buat stok tulisan sampai dua atau tiga bulan ke depan. Jadi saya bisa update dua hari sekali di blog. Pastinya semua tulisan ini harus relevan dengan Niche saya dong. 

4. Fokus Niche

Jujur aja blog lama saya tuh isinya gado-gado. Tapi nggak tahu gimana ceritanya bisa dapat alexa rank pada akhirnya xD Kelihatan banget kan, betapa saya nge-blog nggak pake ilmu banget?

Nah, ada satu dan lain hal yang menjadi alasan saya untuk pindah ke blog baru ini. Kegalauan dan dilematika saya untuk pindah ini masih berlangsung sampai sekarang malah. Karena apa? Karena saya sesayang itu sama blog lama saya. 

Tetapi ya karena sudah memutuskan untuk pindah, baiklah mari kita pindah. Jadi saya sedang berusaha untuk membuat tulisan yang Niche-nya nggak jauh-jauh dari tujuan awal saya. Singkatnya, saya berusaha untuk fokus dalam menentukan niche saya. Biar jurnalrumi ini nggak jadi gado-gado lagi. Tapi andaipun jadi gado-gado lagi ya nggak apa juga asal konsisten gado-gadonya. Biar pembaca saya tahu, bahwa jurnalrumi menyediakan segala hal yang ingin mereka baca. Hehe

Itulah beberapa tips blogging yang ingin saya coba. Kalau kamu sudah coba yang mana?

2 thoughts on “Tips Blogging Yang Ingin Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top