Menu Sahur Praktis

Menu sahur praktis memang selalu menjadi incaran ibu-ibu dan anak kos. Selain waktu memasak yang singkat, bahan-bahan yang sederhana juga menjadi alasan mengapa menu-menu praktis ini paling diminati. Tidak bisa dipungkiri bahwa waktu menyiapkan makanan sahur tergolong singkat. Alih-alih menemukan menu baru yang lebih bervariasi, anak-anak kos atau ibu-ibu rempong mau tidak mau akhirnya menjatuhkan pilihan ke telur dadar, telur mata sapi, atau mie rebus dan mie goreng. 

Nah, saya mau berbagi tips agar menu sahurmu lebih bervariasi dan aktivitas sahur jadi lebih menyenangkan! Yang pastinya, menu kali ini bebas dari telur dadar, nasi goreng atau pop mie-able :p

FOOD PREPARATION

Sebelum masuk ke menu sahur praktis versi saya, saya juga mau membagikan tips agar melakukan food preparation sebelumnya. Selain membantu saat menyiapkan masakan keesokan harinya, food prep juga sangat membantu saya yang pemalas ini untuk tetap bersemangat memasak. 

Apa saja food preparation yang saya lakukan?

🌱Kupas Bawang-bawanganYap! Kegiatan kupas mengupas bawang ini menjadi salah satu kegiatan yang paling malesin bagi sebagian orang. Jujur saja, tidak sekali dua kali pula saya harus berujung go food makanan hanya karena saya malas untuk mengupas bawang. Solusi untuk masalah satu ini adalah kupas bawang-bawangan seminggu sekali atau tiga hari sekali. Jadi, kita sediakan stok bawang yang sudah dikupas agar lebih praktis saat akan digunakan. 
Caranya :- siapkan wadah dan lapisi tisu.- kupas bawang, masukkan ke wadah. Lalu simpan di dalam kulkas.🌱Repack Sayuran Berdasarkan Menu HarianSaya pribadi kalau lagi rajin (dan banyak ide), biasanya belanja mingguan itu sudah tahu mau masak apa setiap harinya. Agar lebih praktis, kadang-kadang (karena lebih sering enggak hehe) saya wadahin sayur-sayuran berdasarkan apa yang mau saya masak.Misal besok saya mau masak sayur sop yang isinya brokoli, wortel, kentang. Agar keesokan harinya saya masih punya waktu untuk tidur pagi (maklum punya anak bayi yang kalau malam suka kebangun hehe), saya langsung potong-potong sayurannya kemudian jadiin satu wadah. Besok paginya saya tinggal iris-iris bawang, daun bawang, daun sop, oseng-oseng bentar jadi deh sayur sop versi lite ala saya.  Jadi, kalau besoknya nggak mau repot, potong-potong sayuran atau petik-petik sayuran di malam harinya. Besok paginya sayuran masih segar ketika dimasak (tanpa perlu anget-angetin lagi).

Nah itu beberapa tips saya agar segalanya terasa praktis meski tetap ribet (?) ahaha

MENU SAHUR PRAKTIS

🥙 Tumis Tahu Taoge

Bahan :3 buah tahu (potong dadu)Taoge secukupnya3 cabai merah (iris serong)3 siung bawang putih (iris)3 siung bawang merah (iris)secukupnya kaldu jamursecukupnya lada bubuk Cara membuat :- Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan cabai merah.- Setelah itu, masukkan tahu dan masak hingga matang. Kemudian tambahkan tauge.- Tambahkan kaldu jamur dan lada. Koreksi rasa. Setelah pas, masukkan irisan daun bawang. ðŸ¥™ Capcay EkspressBahan :1 buah wortel, potong kecilBrokoli secukupnya, potong 2 batang sosis, potong-potong5 bakso sapi, potong-potongBuncis secukupnya, potong-potong3 siung bawang putih, geprek cincang3 siung bawang merah, iris-irisKaldu jamurLadaGula, garamLarutan Maizena Cara Membuat :- Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan potongan sosis dan bakso.- Setelah sosis dan bakso berubah warna, masukkan wortel, buncis dan brokoli. Tambahkan air sedikit.- Tambahkan kaldu, lada, gula garam. Koreksi rasa. – Setelah sayur-sayuran matang, tambahkan larutan maizena. ðŸ¥™ High Level Egg alias Telur Saus AsamBahan :5 butir telur2 buah tomat besar, potong dadu2 buah sosis, potong-potong5 buah bakso, potong-potongKol secukupnya, iris1 batang daun bawang, iris-iris4 siung bawang putih, iris-iris3 siung bawang merah, iris-iris5 buah cabai, iris serong4 sdm saus tomat2 sdt gula pasir1 sdt lada1/2 sdt garam150ml airDaun bawang secukupnyaSeledri cincang secukupnya Cara Membuat :- Tumis bawang putih sampai harum. Kemudian masukkan daun bawang, bakso dan sosis.- Masukkan kol dan irisan cabai. Tumis sebentar.- Masukkan tomat, tumis sebentar.- Tambahkan 4 sdm saus tomat. Kemudian masukkan 1 sdt lada bubuk, 1/2 sdt garam, 2 sdt gula pasir. Aduk rata.- Lalu tambahkan air, aduk rata. – Pecahkan telur dalam wadah. Kemudian masukkan ke dalam wajan. Tata telur agar tidak terlalu rapat.- Tutup wajan dan tunggu hingga telur masak. – Setelah masak, taburkan daun bawang dan daun seledri. 

Gimana???
Sudah ada gambaran agar menu sahurmu lebih beragam? Yuk segera cobain. Saya paling suka menu terakhir. Benar-benar nyam!

Post a Comment

0 Comments